Kamis, 08 Maret 2018

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

kodok disawah

foto:hamilplus.com

Anda akan menemukan sesuatu yang menyenangkan saat merawat bayi di usia 5 bulan. Masa perkembangan bayi usia 5 bulan tidak boleh dilewatkan para orang tua. Saat itu dimana dia akan suka bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Pada usia ini, bayi mulai belajar berbicara, senang memperhatikan orang lain dan ekspresinya pun lengkap. Sebagai orangtua harus memperhatikan tahap ini sebagai kesempatan untuk membantu dia membangun keterampilan fisik dan sosial.
Inilah Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan
Pertumbuhan Tubuh
Dari segi pertumbuhan, berat badan sebenarnya lebih penting daripada tinggi pada bayi karena mencerminkan seberapa baik mereka menyerap nutrisi. Di sisi lain, tinggi badan mereka lebih ditentukan oleh faktor genetik. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), standar pertumbuhan untuk bayi berusia 5 bulan adalah berat rata-rata untuk anak laki-laki adalah 7,5 kg dan untuk anak perempuan 6,9 kg. Tinggi rata-rata untuk anak laki-laki adalah 65,9 cm, dan untuk anak perempuan adalah 64 cm.
Pengembangan Sensorik
Pada perkembangan bayi usia 5 bulan, sensoriknya akan terus membaik, meski penglihatan belum sepenuhnya berkembang. Bayi akan bisa fokus dan melihat benda jauh dan dekat tanpa mengalihkan pandangan mereka. Persepsi warna mereka menjadi lebih tajam dan mereka mulai membedakan nuansa warna yang berbeda. Namun, mereka sering menyukai warna primer (merah, kuning dan biru).
Pembangunan Fisik
Pada usia lima bulan, bayi mungkin bisa duduk. Anda dapat membantu anak Anda duduk lebih lama dengan menopang mereka di atas bantal. Anda juga memperhatikan bahwa kekuatan fisiknya, mulai dari mengangkat kepala, berguling dari belakang ke perut. Kaki mereka menjadi lebih aktif saat bersiap untuk berguling dan belajar merangkak, yang mungkin terjadi setelah beberapa bulan. Pastikan anda selalu memperhatikan bayi Anda karena akan mudah jatuh dari permukaan yang tinggi.
Seiring bertambahnya kekuatan bayi, mereka secara bertahap dapat belajar mengambil benda, memindahkannya di antara tangan dan menggunakan cangkir untuk diminum sendiri. Cengkeraman tangan bayi memungkinkan mereka menggunakan gerakan menyapu untuk memindahkan benda. Bantu bayi Anda mengembangkan keterampilan motorik halus dengan memberi mereka bekal mainan atau balok lunak untuk dimainkan.
Keterampilan Sosial dan Emosional
Bayi berumur 5 bulan Anda menjadi lebih terampil dalam menunjukkan emosi seperti kemarahan, kebosanan dan kebahagiaan. Namun, kemampuan mereka untuk mengekspresikan humor dan rasa cinta masih berkembang. Mereka mungkin menunjukkan keterikatan kepada Anda dengan menangis saat berpisah atau dengan mengangkat tangan saat mereka ingin Anda menjemputnya.

About the Author

kodok disawah / Selamat Datang

Saya penyuka dunia teknologi, terlebih yang berhubungan dengan rakit merakit, dan plusnya saya juga penyuka cokelat

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.