Kamis, 07 September 2017

Yuk Negosiasi Harga Rumah, Akan Lebih Mudah Dengan Cara Ini !!

kodok disawah




Tidak sedikit masyarakat memiliki resolusi atau pencapaian untuk memiliki rumah dan membelinya dengan harga yang relative murah. Bila membeli rumah di Bandung tidak dapat tercapai karena nilai jualnya yang sudah sangat mahal. Tahukah kamu bila sebenarnya ada proses yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rumah tersebut dengan harga yang lebih ringan ? Sayangnya untuk mendapatkan harga yang ringan ini, perlu perjuangan dan proses yang tidak sebentar.
Setelah melakukan pencarian di semua media untuk mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria rumah idamanmu, akhirnya mendapatkan beberapa rumah yang sangat cocok untuk kamu dan keluarga tempati. Sayangnya nilai jual masih terbilang belum memenuhi kemampuan finansialmu, tapi bisa diusahakan dengan cara tawar menawar atau negosiasi.
Melakukan proses negosiasi dengan penjual rumah bisa diibaratkan dengan saat kita meminta restu kepada orang tua gadis pujaan kita untuk meminang putrinya. Prosesnya yang cukup panjang membuat kita gelisah dankhawatir akan hasil keputusannya. Tidak hanya itu, proses ini pun harus ditaklukan dengan strategi dan cara – cara cerdik untuk meluluhkan hati pemilik rumah. Salah langkah atau salah saja berucap, rumah idaman yang kamu incar batal begitu saja kamu dapatkan.

Untuk mewujudkan impianmu memiliki rumah idaman, kamu perlu untuk mempeljari dan memahami strategi dan tips – tips cerdik untuk melakukan negosiasi dengan pemilik rumah. Bagaimana cara meluluhkan hati penjual agar menerima penawaran harga murah yang kita ajukan ? berikut penjelasannya dibawah ini.

Siapkan Budget
Apakah kamu sudah memiliki tekad dan keberanian untuk menghadapi penjual rumah ? jangan berharap bisa berhasil memiliki rumah tersebut dan meluluhkan hati penjual bila budget saja tidak kamu miliki.
Sebelum kamu mengunjungi pemilik rumah, melihat lokasi dan kondisi rumah, serta menyampaikan maksud dan tujuanmu untuk melakukan negosiasi harga rumah. Setidaknya kamu harus sudah yakin akan pilihan rumah tersebut. Selain itu sebaiknya kamu sudah memiliki anggaran yang cukup untuk beli rumah tersebut. Setidaknya siapkan uang untuk bayar DP atau Uang muka. Sementara itu untuk sisa uangnya bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Seperti menggunakan dana pinjaman yang kamu ajukan ke Bank berupa KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Riset Harga Rumah
Membeli rumah di Bandung dengan harga yang melampaui nominal harga rumah pasaran akan menjadi sebuah penyesalan terbesar dalam hidupmu. Agar peristiwa ini tidak terjadi, lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi. Kamu bisa melakukan riset di sekitar lingkungan rumah yang memiliki spesifikasi menyerupai. Bila memungkinkan kamu juga bisa bertanya pada masyarakat dan warga sekitar mengenai pasaran harga rumah di sekitar.
Selain melakukan riset harga rumah langsung ke lingkungan rumah yang kamu pilih. Kamu juga bisa meminta bantuan jasa penaksir dari bank atau lembaga keuangan tempat kamu mengajukan pinjaman KPR untuk mengetahui harga yang tepat calon rumah idamanmu.

Proses Negosiasi
Setelah kamu melalui langkah diatas, saatnya bagi kamu untuk menghubungi penjual rumah yang kamu incar. Buat janji untuk bertemu di lokasi rumah yang akan kamu beli. Selain dapat berdiskusi harga langsung, kamu juga bisa memeriksa kondisi dan spesifikasi rumah dengan lebih detail.
Lakukan peoses tawar menawar dengan cara yang sopan dan ramah. Bila penjual belum luluh dengan penawaran yang kamu ajukan, jangan terus memaksakan kehendak dan keinginanmu. Coba berikan penjual rumah untuk berpikir kembali, sambil kamu mencari dan melakukan pengecekan ke beberapa rumah lainnya. Bila kamu tetap menginginkan rumah tersebut cobalah bersabar. Jaga hubungan baik dengan pemilik rumah. Sikapmu mungkin saja bisa meluluhkan hati penjual rumah sehingga merelakan rumah dengan nilai yang kamu ajukan.

Rumah menjanjikan
Saat kamu membeli rumah dengan harga lebih ringan, melakukan tawar menawar agar mendapatkan harga rumah yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki memang baik untuk dilakukan. Namun bila rumah tersebut memiliki potensi menjanjikan akan investasi di masa depan yang cukup prospektif, beranikan diri untuk membeli rumah dengan harga diluar ekspetasimu. Pikirkan kembali hal ini dengan matang.

Gunakan jasa agen atau broker
Jika kamu tidak memiliki waktu luang mencari dan melakukan riset pasar. Tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa agen jual beli rumah yang terpercaya. Beri tau agen seperti apa rumah yang kamu inginkan dan butuhkan, berapa anggaran yang kamu miliki. Agen akan membantu dengan memberikan pilihan beberapa rumah Bandung yang memiliki penawaran harga cukup kompetitif. Jangan lupa bila ketika kamu menggunakan jasa agen properti maka ada biaya tertentu yang harus kamu bayar. Siapkan uang lebih atau masukan pada anggaran membeli rumah ntuk membayar jasa mereka.

Jika kamu ingin memiliki rumah yang sesuai dengan impianmu. Jaga hubungan baik dengan penjual rumah. Jangan terlalu memaksakan untuk tetap meminta penawaranmu disetujui, Bila rumah tersebut memiliki nilai investasi yang cukup baik, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang ekstra untuk memilikinya.

About the Author

kodok disawah / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.