Rabu, 09 Agustus 2017

Pengendalian Diri Yang Dilambangkan Oleh Batik Kawung

kodok disawah
Batik Kawung merupakan salah satu jenis motif dari ribuan, bahkan ratusan ribu motif yang pernah ada di Indonesia. Batik Kawung ini termasuk sebagai salah satu motif tertua di Indonesia lho guys! Sehingga tidak heran kalau motif Kawung, masuk kepada segelintir motif larangan (motif yang hanya boleh digunakan dan diproduksi oleh anggota kasultanan) pada jaman dahulu. Sekarang sih memang sudah boleh dipakai oleh siapapun, dan di produksi oleh siapapun.
Motif batik Kawung ini berdasarkan sebuah penelitian, sudah ada di Indonesia sejak abad ke 9. Walaupun pada jaman tersebut motif ini tidak di produksi sebagai batik, namun motif Kawung sudah terukir pada patung Gajah di candi Syiwa, Prambanan, Yogyakarta. Nah walaupun motif ini sudah memiliki eksistensi yang begitu lama, barulah pada jaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu tahun 1755 pada abad ke-18, batik Kawung mengalami perkembangan pesat sebagai sebuah karya seni diatas kain, atau yang anda kenal sebagai batik.
Batik Kawung ini ternyata bukan hanya sembarang batik tanpa makna. Karena umurnya yang sudah sangat tua, tidak heran kalau batik Kawung melekat dengan berbagai artian dan filosofi kehidupan manusia. Berikut adalah beberap makna yang erat hubungannya dengan batik Kawung.



      1.       Pengendalian Diri Yang Sempurna
Beradasarkan sebuah buku yang diciptakan oleh Iwet Ramadhan, Cerita Batik (2013), nama Kawung sendiri berasal dari kata Suwung. Dimana dalam bahasa Indonesia, kata Jawa ini memiliki arti “kekosongan”.

Kekosongan yang dimaksud bukanlah kekosongan pikiran, sehingga jadi melamun dan bengong. Tapi kekosongan yang dimaksud adalah kekosongan dari ego, hasrat dan hawa nafsu duniawi, sehingga menghasilkan pengendalian diri yang kokoh dan tidak bergeming.

Kekosongan yang dilambangkan oleh batik Kawung, yaitu keadaan dimana seseorang memiliki karakteristik yang netral, tidak berpihak atau berat sebelah dalam membuat keputusan. Seseorang dengan sifat Suwung tidak memiliki keinginan untuk menonjolkan diri. Dia mengikuti arus kehidupan, membiarkan segala sesuatu yang terjadi disekitarnya berjalan sesuai dengan kehendak alam.

Seseorang yang menganut sifat seperti ini, tidak akan ikut serta dalam hiruk pikuk dunia. Ia menyibukkan hari-harinya dengan hal-hal positif dan produktif. Pengendalian diri yang luar biasa membuatnya tahu kapan harus bertindak, dan kapan harus menahan diri. Ia sadar akan tujuannya di dalam hidup ini.

      2.       Hati Yang Bersih Tidak Perlu Dipamerkan
Beneran deh guys, yang namanya niat baik, keikhlasan, ingin memberi sesama, dan perlakuan lain yang mencerminkan hati yang bersih itu tidak perlu dipamerkan. Bener banget nih maknanya batik Kawung.

Makna batik Kawung ini diambil dari asal-usulnya. Yang mana salah satu cerita asal-usul batik Kawung itu berasal dari buah Aren. Buah Aren memiliki kulit yang keras dan legam, namun apabila dibuka, di dalamnya terdapat buah yang putih bersih dan bening. Sungguh inspirasi yang sangat bagus kan guys? Nah makanya, jangan pernah menilai sebuah buku dari sampulnya saja. Secara, banyak sekali buku dengan sampul bagus ternyata isinya cetek dan sebaliknya guys.

      3.       Berguna Bagi Orang Banyak

Buah Aren yang menjadi sumber inspirasi batik Kawung tadi, ternyata berguna sekali dari ujung daun sampai akar-akarnya guys! Batangnya, daunnya, buahnya, semuanya. Nah semangat dari batik Kawung ini sendiri adalah harapan agar pemakainya senantiasa berguna bagi teman-temannya, keluarganya, orang-orang di sekitarnya, masyarakat, bahkan bangsanya. Inilah salah satu makna batik Kawung yang sangat bagus.
Nah itulah tadi makna dari batik Kawung, yang mungkin anda sendiri juga belum tahu. Kalau anda ingin membaca lebih lengkap tentang batik Kawung, jangan segan-segan kunjungi artikel batik kawung di website Pemoeda ya. Salam!

About the Author

kodok disawah / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.